DIMANA TANAH DI JAJAK DI SITU JUA LANGIT DI JUNJUNG

SELAMAT DATANG DI FOLKS OF BANJAR • BERBAGI INFORMASI TENTANG SEJARAH SENI DAN BUDAYA BANJAR • FOLKS OF BANJAR DI BANGUN UNTUK KELESTARIAN SEJARAH ADAT DAN BUDAYA BANUA BANJAR • KRITIK DAN SARAN ANDA SANGAT KAMI PERLUKAN UNTUK KEMAJUAN BLOG INI • SEMOGA APA YG FOLKS OF BORNEO HADIRKAN DAPAT BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA • TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN KAMI SELALU MENUNGGU KUNJUNGAN ANDA KEMBALI KE BLOG INI

Terjemahkan

Selasa, 05 Maret 2019

WARNA KUNING ADALAH WARNA KERAMAT BAGI MASYARAKAT MELAYU BANJAR

Folks Of Banjar

Pakaian Pengantin dan Pelaminan Melayu Banjar yg menggunakan Warna Kuning atau Gold
WARNA KUNING ADALAH WARNA KERAMAT BAGI MASYARAKAT MELAYU BANJAR


Mungkin pernah kita bertanya, kenapa maqam keramat menggunakan kain kuning? Atau kenapa pengobatan tradisional pakai kain atau alat-alat /media berwarna kuning? Kenapa hal-hal yg sakral  atau berhubungan dengan hal ghaib selalu dikaitkan dengan warna kuning? Atau kenapa hal-hal yg berhubungan dgn budaya Melayu selalu berwarna kuning?


Ya,,, dalam budaya Banjar warna kuning adalah warna yg sakral dan suci, contohnya putri junjung buih dulu sebelum muncul dari buih banyu meminta kain Lagundi kuning sebagai selendangnya.

Warna Kuning dari sudut psikologi bermaksud optimis,harapan,dermawan,Filosofi,pencerahan dan intelektualitas.

Kuning adalah warna yang mempunyai energy dan memancarkan kilauannya.

Dalam kesultanan Banjar warna kuning sebagai warna besar kerajaan karena warna kuning diidentikkan dengan emas yg berarti kejayaan,kekayaan kerajaan Kemakmuran dan kesuksesan kerajaan. Kuning adalah lambang kedaulatan dan warna Diraja (adat istiadat).

Kuning juga melambangkan cita-cita setinggi langit dan semangat juangnya yang tinggi.
Kuning mewakili matahari, warna cahaya kehidupan, kesehatan, kesegaran ,Brightness, kekayaan dan unsur spiritual.
Kuning adalah warna keramat dalam agama Hindu karena kehidupan di banua banyak yg diadopsi dari kebudayaan hindu lama, maka kebudayaan ini bertahan sejak lama.
Kuning dianggap warna kesucian bagi ‘Alam Ghaib atau Bunian. Maka dari itu hal-hal yg berbau ghaib selalu dihubungkan dengan kain kuning.

Bahkan pelaminan Pengantin Asli (Klasik) Banjar selalu memakai banyak warna kuning karena melambangkan hal yg keramat dan sakral. Dan terkesan mewah serta suci.



N/B : Mohon jgn dihubungkan ke agama atau hal sensitif lain....posting ini bermaksud untuk memberikan info budaya yg sudah lama ada, bukan mengganggu kepercayaan dalam beragama 🙏🏻🙏🏻🙏🏻


#FolksOfBanjar #Kuning #Keramat #WarnaKuning

0 komentar:

Posting Komentar